Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dengan Strategi Team Pair Solo Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa....



ABSTRAK


Supriatin. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dengan Strategi Team Pair Solo Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IS1 SMA Negeri 1 Selesai Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2012.
            Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS1 SMA Negeri 1 Selesai Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa dan perbedaan antara siklus I dan siklus II dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan strategi Team Pair Solo di kelas XII IS1 SMAN 1 Selesai Tahun Pelajaran 2012/2013.
            Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Selesai yang beralamat di jalan Binjai Selayang, Selesai Kabupaten Langkat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS1 yang berjumlah 36 siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan strategi Team Pair Solo untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui angket motivasi siswa dan test hasil belajar akuntansi. Sedangkan untuk teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data dan penyajian data.
            Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata motivasi siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 64,1% yang termasuk dalam kategori sedang. Pada siklus II rata-rata motivasi belajar siswa adalah 72,4% yang termasuk dalam kategori sedang. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 45,97 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 66,25 atau terjadi peningkatan sekitar 20,28 poin. Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 75,14 atau mengalami peningkatan 8,89 poin dari siklus I. Analisis uji t antara hasil belajar siklus I dengan siklus II diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung sebesar 2,835 dan ttabel sebesar 1,997. Dengan kata lain perbandingan hasil belajar akuntansi siswa antara siklus I dan siklus II adalah signifikan.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan strategi Team Pair Solo dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IS1 SMA Negeri 1 Selesai Tahun Pelajaran 2012/2013.

Kata Kunci: Model pembelajaran Learning Cycle 7E, strategi Team Pair Solo, motivasi, dan hasil belajar akuntansi.

Download



ABSTRACT
Supriatin. The Implementation of Learning Cycle 7E Model with Team Pair Solo strategy to Increase Student’s  Motivation and Learning Result of Accounting In Class XII IS1 SMA Negeri 1 Selesai Academic Year 2012/2013. Thesis Economic Faculty. Accounting Education Studies Program. Faculty of Economics. State University of Medan  2012.
Problems in this study are the low motivation and learning result of accounting students in grade XII IS1 SMA Negeri 1 Selesai academic year 2012/2013. The purpose of this study was to determine the increase in students’ motivation and learning result of accounting and the difference between cycle I and cycle II by applying the Learning Cycle 7E model with Team Pair Solo strategy in class XII IS1 SMAN 1 Selesai academic year 2012/2013.
The research was done at SMAN 1 Selesai is located at Jl. Binjai Selayang, Kabupaten Langkat. Subjects in this study is all students in class XII IS1 totaling 36 students, and the objects in this study is the implementation of  Learning Cycle 7E model with Team Pair Solo strategies to improve student’s motivation and learning result of accounting. This study is the Classroom Action Research using two cycles, each cycle consisting of four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. In data collection, the technique used is through a questionnaire of students' motivation and accounting test results. As for the techniques of data analysis carried out in several stages of data reduction and data presentation.
Based on the results of this study were obtained an average motivated student who carried on a cycle I is 64.1% which is included in the medium category. On average the second cycle students' motivation is 72.4% which is included in the medium category. From the analysis of data obtained before the application of test data with the average value of 45.97, while on a cycle I mean the student to be an increase of about 66.25 or 20.28 points. In the second cycle the average student to 75.14 or an increase of 8.89 points from cycle I. T test analysis between the learning cycle to cycle II I obtained thitung > ttabel  with thitung is 2.835 and 1.997 for ttabel. In other words, the accounting students' learning result comparison between cycle I and cycle II is significant.
It can be concluded that the implementation of Learning Cycle 7E model with Team Pair Solo strategy can improve students’ motivation and learning result of accounting in the class XII IS1 SMA Negeri 1 Selesai Academic Year 2012/2013.
Keywords: Learning Cycle 7E model, Team Pair Solo strategy, motivation, and learning result of accounting.

Download

7 comments:

  1. mas, boleh sharing mengenai penerapan model dan strateginya, seperti apa gambaran langkah kegiatan pembelajaran perpaduan antara learning cycle dengan strategi tersebut?

    ReplyDelete
  2. Sesuai namanya, LC7E ada 7 tahap, setelah tahap Elicit dan engage, tahap Explore dan explain dikerjakan secara team (4 atau 6 orang) kemudian tahap Elaborate dan Extend dikerjakan secara berpasangan (pair), hingga tahap akhir Evaluate dikerjakan sendiri (solo)..
    :)

    ReplyDelete
  3. hoooh... makasih mas, informasinyaa :)

    ReplyDelete
  4. mas boleh tau referensi untuk learning cycle 7E ?

    ReplyDelete
  5. mas, bisa tolong bagi-bagi dimana bisa dapat referensi dari model LC7E??

    ReplyDelete

Write here your comment or question