ABSTRAK
Supriatin. Penerapan Model Pembelajaran Learning
Cycle 7E dengan Strategi Team Pair
Solo Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII
IS1 SMA Negeri 1 Selesai Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Jurusan Pendidikan
Ekonomi. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi, Universitas
Negeri Medan 2012.
Permasalahan dalam penelitian ini
adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS1 SMA Negeri 1
Selesai Tahun Pelajaran 2012/2013.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil
belajar akuntansi siswa dan perbedaan antara siklus I dan siklus II dengan
menerapkan model pembelajaran Learning
Cycle 7E dengan strategi Team Pair
Solo di kelas XII IS1 SMAN 1 Selesai Tahun Pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN
1 Selesai yang beralamat di jalan Binjai Selayang, Selesai Kabupaten Langkat.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS1 yang
berjumlah 36 siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model
pembelajaran Learning Cycle 7E dengan
strategi Team Pair Solo untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus yang masing-masing
siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui angket
motivasi siswa dan test hasil belajar akuntansi. Sedangkan untuk teknik
analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data dan penyajian
data.
Berdasarkan hasil penelitian ini
diperoleh rata-rata motivasi siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 64,1%
yang termasuk dalam kategori sedang. Pada siklus II rata-rata motivasi belajar
siswa adalah 72,4% yang termasuk dalam kategori sedang. Dari hasil analisis
data diperoleh data test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 45,97
sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 66,25 atau terjadi
peningkatan sekitar 20,28 poin. Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi
75,14 atau mengalami peningkatan 8,89 poin dari siklus I. Analisis uji t antara
hasil belajar siklus I dengan siklus II diperoleh thitung > ttabel
yaitu thitung
sebesar 2,835 dan ttabel sebesar 1,997. Dengan kata
lain perbandingan hasil belajar akuntansi siswa antara siklus I dan siklus II
adalah signifikan.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Learning Cycle 7E dengan
strategi Team Pair Solo dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IS1
SMA Negeri 1 Selesai Tahun Pelajaran 2012/2013.
Kata Kunci: Model
pembelajaran Learning Cycle 7E, strategi
Team Pair Solo, motivasi, dan hasil belajar akuntansi.
Download
Download
ABSTRACT
Supriatin. The Implementation of
Learning Cycle 7E Model with Team Pair Solo strategy to Increase Student’s Motivation and Learning Result of Accounting
In Class XII IS1 SMA Negeri 1 Selesai Academic Year 2012/2013. Thesis Economic
Faculty. Accounting Education Studies Program. Faculty of Economics. State
University of Medan 2012.
Problems in this study are the low
motivation and learning result of accounting students in grade XII IS1 SMA
Negeri 1 Selesai academic year 2012/2013. The purpose of this study was to determine
the increase in students’ motivation and learning result of accounting and the
difference between cycle I and cycle II by applying the Learning Cycle 7E model
with Team Pair Solo strategy in class XII IS1 SMAN 1 Selesai academic year
2012/2013.
The research was done at SMAN 1 Selesai
is located at Jl. Binjai Selayang, Kabupaten Langkat. Subjects in this study is
all students in class XII IS1 totaling 36 students, and the objects in this
study is the implementation of Learning
Cycle 7E model with Team Pair Solo strategies to improve student’s motivation
and learning result of accounting. This study is the Classroom Action Research
using two cycles, each cycle consisting of four stages, namely planning,
implementation, observation and reflection. In data collection, the technique
used is through a questionnaire of students' motivation and accounting test
results. As for the techniques of data analysis carried out in several stages
of data reduction and data presentation.
Based on the results of this study were
obtained an average motivated student who carried on a cycle I is 64.1% which
is included in the medium category. On average the second cycle students'
motivation is 72.4% which is included in the medium category. From the analysis
of data obtained before the application of test data with the average value of
45.97, while on a cycle I mean the student to be an increase of about 66.25 or
20.28 points. In the second cycle the average student to 75.14 or an increase
of 8.89 points from cycle I. T test analysis between the learning cycle to
cycle II I obtained thitung > ttabel with thitung is 2.835 and
1.997 for ttabel. In other words, the accounting students' learning result
comparison between cycle I and cycle II is significant.
It
can be concluded that the implementation of Learning Cycle 7E model with Team
Pair Solo strategy can improve students’ motivation and learning result of
accounting in the class XII IS1 SMA Negeri 1 Selesai Academic Year 2012/2013.
Keywords: Learning Cycle 7E model, Team Pair
Solo strategy, motivation, and learning result of accounting.Download
mas, boleh sharing mengenai penerapan model dan strateginya, seperti apa gambaran langkah kegiatan pembelajaran perpaduan antara learning cycle dengan strategi tersebut?
ReplyDeleteSesuai namanya, LC7E ada 7 tahap, setelah tahap Elicit dan engage, tahap Explore dan explain dikerjakan secara team (4 atau 6 orang) kemudian tahap Elaborate dan Extend dikerjakan secara berpasangan (pair), hingga tahap akhir Evaluate dikerjakan sendiri (solo)..
ReplyDelete:)
hoooh... makasih mas, informasinyaa :)
ReplyDeleteyooooo...... sama-sama
ReplyDeletemas boleh tau referensi untuk learning cycle 7E ?
ReplyDeletemas, bisa tolong bagi-bagi dimana bisa dapat referensi dari model LC7E??
ReplyDeletemakasih informasinyaa
ReplyDelete